News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

7 Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan Wanita

7 Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan Wanita

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat manfaat kombucha
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kombucha adalah salah satu olahan teh yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Awalnya kombucha ini hanya diproduksi di kawasan Asia Timur seperti Jepang, tapi lambat laun bisa menyebar ke Amerika dan diproduksi dengan aneka rasa dan diberi pemanis tertentu agar bisa dinikmati oleh banyak orang.

Minuman ini dibuat dengan melakukan fermentasi teh dengan jamur tertentu. Biasanya setelah fermentasi selesai akan muncul semacam jamur lebar dengan tekstur lembek. Kombucha mengandung banyak nutrisi khususnya probiotik yang baik untuk semau orang khususnya wanita. Berikut tujuh manfaat teh kombucha untuk wanita.

  1. Mendung banyak probiotik

Salah satu minuman yang menjadi bagian gaya hidup dan merugikan adalah soda. Nah, soda dengan cita rasa berkarbonasi ini bisa diganti dengan kombucha yang jauh lebih sehat. Minuman ini terbuat dari teh hijau dan hitam yang diberi ragi dan gula untuk membentuk jamur teh. Jamur teh ini digunakan untuk indukan kombucha di kemudian hari.

Mengonsumsi kombucha dalam jumlah yang sesuai anjuran bisa membantu wanita dalam hal pencernaan. Selain itu, inflamasi di tubuh khususnya di vagina pasca seks diakukan bisa dibantu dengan konsumsi kombucha ini.

  1. Manfaat teh tidak hilang

Meski difermentasi sehingga secara rasa dan kandungan berbeda, teh kombucha ini masih memiliki manfaat dari green tea. Jadi, meski rasanya agak asam dan memiliki gelembung seperti layaknya soda, manfaat dari teh seperti membantu pencernaan hingga menurunkan lemak di dalam tubuh.

Kombucha biasanya memiliki rasa manis. Kalau Anda ingin menikmati yang asli bisa membuat sendiri sehingga bisa mengontrol kandungan gula yang digunakan.

  1. Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan adalah salah satu komponen penting pada kesehatan wanita. Antioksidan dari kombucha cukup tinggi sehingga wanita tidak akan gampang sakit. Selain itu kalau ada radikal bebas masuk ke dalam tubuh bisa segera diatasi dengan mudah. Mengonsumsi kombucha juga bisa menurunkan risiko inflamasi di dalam tubuh.

  1. Mampu membunuh bakteri di dalam tubuh

Dibandingkan dengan pria, wanita memiliki risiko alami infeksi bakteri yang cukup tinggi. Bentuk vulva yang terbuka membuat bakteri masuk dengan mudah. Kalau sudah masuk, vagina akan mengalami banyak gangguan seperti keputihan patogen atau infeksi saluran kemih.

Mengonsumsi kombucha akan meningkatkan kemampuan tubuh wanita dalam memerangi bakteri. Begitu ada bakteri masuk flora normal akan segera menyerbunya sehingga tidak terjadi komplikasi.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung cukup berbahaya untuk wanita karena bisa membuat mereka mengalami kematian. Kondisi ini biasanya akan semakin tinggi saat wanita hamil. Agar kondisi kardiovaskular membaik, wanita bisa mengonsumsi kombucha untuk tambahan suplemen saja sambil berolahraga dan makan yang sehat.

  1. Membantu penanganan diabetes tipe 2

Kombucha membantu tubuh wanita untuk mengendalikan penyerapan karbohidrat berlebihan. Selain itu, konsumsi yang seimbang juga bisa menurunkan kadar gula darah sehingga fungsi dari hati dan ginjal bisa berjalan dengan lancar.

  1. Membantu mencegah pertumbuhan sel kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam teh dan kombucha tidak hanya bermanfaat untuk daya tahan tubuh secara menyeluruh saja. Antioksidan seperti polifenol juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker atau sel abnormal di dalam tubuh.

Wanita rawan sekali mengalami kanker khususnya kanker payudara dan serviks. Oleh karena itu, kombucha cukup disarankan untuk pengganti soda yang bisa menaikkan risiko kanker pada tubuh.

Inilah beberapa manfaat dari teh kombucha yang cukup banyak untuk wanita. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat dan kesehatan tubuh khususnya seks dan reproduksi tidak menurun.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.