News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Norit: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Norit: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

norit-doktersehat
Photo Source: www.vix.com

DokterSehat.Com – Norit obat apa? Norit adalah merek obat yang biasa difungsikan sebagai obat diare. Norit terbuat dari bahan karbon aktif atau arang aktif (dikenal juga dengan charcoal) yang mampu menyerap zat berbahaya dan zat asing lainnya yang ada dalam saluran pencernaan. Karbon aktif dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan dan diaktifkan secara kimia.

Manfaat Norit

Manfaat Norit yang paling utama adalah untuk mengatasai diare. Tapi selain manfaat tersebut, Norit ternyata juga memiliki manfaat lain seperti mengatasi masalah kelebihan gas di lambung dan juga masalah pencernaan lainnya. Meskipun warnanya yang hitam pekat membuat Norit terlihat seram, tetapi Norit sebenarnya adalah obat yang aman.

Norit tidak terserap oleh tubuh melalui darah. Obat yang sudah menyerap racun juga nantinya akan dikeluarkan kembali berasama dengan feses, ditandai dengan feses yang berubah warna jadi gelap. Karena tidak diserap oleh tubuh, obat ini juga bekerja tanpa mengganggu fungsi tubuh yang lain.

Selain bermanfaat untuk obat, karbon aktif juga dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti perawatan kecantikan. Bahan karbon aktif dipercaya dapat memutihkan gigi, mencegah penuaan dini, mengangkat komedo, dan membantu masalah kulit lainnya. Karbon aktif untuk perawatan kecantikan biasa ditemukan dalam bentuk serbuk sebaguna yang bisa diracik sebagai masker atau sudah dalam bentuk masker wajah.

Dosis Norit

Norit tersedia dalam bentuk tambel dengan dosis 200 mg.  Dosis Norit untuk orang dewasa dan anak di atas 3 tahun diberikan dengan aturan sebagai berikut:

  • Dosis Norit untuk diare adalah 3-4 kapsul dimakan 3 kali sehari. Dosis maksimal perhari adalah 12 kapsul.
  • Dosis Norit untuk perut kembung akibat kelebihan gas dalam usus adalah 2 kapsul, diberikan setelah makan dan diulang 2 jam kemudian.
  • Dosis Norit untuk masalah pencernaan lainnya adalah 2 kapsul diberikan sesudah makan.
  • Dosis Norit untuk keracunan makanan adalah 1 g/kg berat badan.

Dosis Norit untuk anak usia di bawah 3 tahun, harap konsultasikan pada dokter.

Aturan Pakai dan Penyimpanan

Konsumsi Norit sesuai dengan aturan pakai pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter. Norit umumnya digunakan dengan cara ditelan bersama dengan air putih. Simpan Norit di suhu ruangan, jangan biarkan terkena sinar matahari langsung, dan jangan juga disimpan di tempat yang lembap.

Perhatikan masa berlaku produk sebelum menggunakannya. Sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak-anak. Perubahan aturan pakai dan juga penyimpanan dari obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek Samping

Norit yang tidak terserap oleh tubuh menjadikannya obat yang cukup aman. Tetapi masih ada efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan Norit yaitu obstipasi atau ketidakmampuan untuk mengosongkan usus atau dikenal juga dengan kondisi yang lebih parah dari sembelit.

Belum ada efek samping lainnya yang ditemukan dari penggunaan obat ini. Untuk memastikan keamaan dari Norit, Anda bisa berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Jika terjadi efek negatif yang tidak diinginan setelah penggunaan Norit, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter.

Peringatan dan Perhatian

Meskipun Norit merupakan obat yang relatif aman, tapi terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Norit:

  • Jangan gunakan obat lain bersama dengan Norit karena Norit akan menyerap zat lainnya sehingga obat lain tidak dapat bekerja pada tubuh Anda. Termasuk bila Anda sedang mengonsumsi pil kontrasepsi, lebih baik konsultasi pada dokter lebih dulu.
  • Jika Anda sedang hamil, menyusui, dan merencanakan kehamilan, selalu konsultasi ke dokter tentang penggunaan obat apapun, termasuk juga Norit.
  • Periksalah ke dokter jika setelah 3 hari konsumsi Norit, diare dan gangguan perut lainnya belum juga sembuh.
  • Konsumsi alkohol dan merokok dapat mengurangi kinerja Norit. Untuk mengetahui makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Norit, konsultasikan dengan dokter.
  • Jika Anda memiliki penyakit usus kronis seperti kolotis ulseratif dan obstruksi gastrointestinal, sebaiknya hindari konsumsi Norit.
  • Baca aturan pakai Norit dan konsultasikan pada dokter tentang perubahan dosis.

Itu dia tentang manfaat, aturan pakai dan penyimpanan, dosis, efek samping, dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum penggunaan Norit.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.