News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BAB Tidak Lancar? 5 Makanan ini Solusinya

BAB Tidak Lancar? 5 Makanan ini Solusinya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Doktersehat-penyebab-air kencing-berbau

DokterSehat.Com– Salah satu penyebab bertambahnya berat badan adalah karena buang air besar yang tidak lancar. Sebagaimana diketahui, makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diambil sari dan nutrisinya untuk kebutuhan organ tubuh. Selabihnya, ampas tersebut akan dibuang bersamaan dengan buang air besar.

Jadi, ketika buang air besar tidak lancar, maka akan terjadi penumpukan ampas makanan yang tentunya bisa memicu berbagai masalah. Selain bisa membuat tubuh semakin gemuk, BAB tidak lancar juga berpotensi menyebabkan radang usus yang cukup fatal bagi kesehatan tubuh Anda.

Oleh karenanya, bagi Anda yang mengalami gangguan buang air besar, harus mengetahui solusinya agar masalah ini segera teratasi. Salah satu cara mengatasi sulit buang air besar adalah menjaga asupan makanan. Sebab, ada beberapa makanan yang sangat ampuh dalam mengatasinya. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Acar

Mungkin Anda sudah tahu acar, bukan? Ya, makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan alami seperti mentimun, wortel, bawang, tomat, cuka, dan air garam. Acar sendiri digunakan sebagai makanan pendamping bagi makanan pokok. Namun, walaupun hanya makanan pendamping, acar dipercaya sangat efektif dalam melancarkan pencernaan.

2. Olahan Kedelai

Makanan selanjutnya untuk mengatasi gangguan buang air besar adalah olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Walaupun makanan ini sederhana, tapi jangan salah. Tahu dan tempe mengandung probiotik yang baik sehingga bisa melancarkan pencernaan Anda yang sedang terganggu. Dianjurkan untuk mengonsumsinya sebagai hidangan utama, baik pada pagi hari, siang, dan makan malam.

3. Yoghurt

Siapa yang tidak kenal dengan yoghurt? Ya, yoghurt merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi bakteri asam laktat. Yoghurt sendiri sangat baik bagi kesehatan lambung seseorang sebab bisa menekan keasaman. Selain itu, yoghurt juga bisa memperbaiki kinerja usus sehingga membuat buang air menjadi lebih lancar.

4. Keju Fermentasi

Keju fermentasi merupakan makanan yang kaya akan bakteri lactic acid. Oleh karenanya, keju fermentasi cukup direkomendasikan bagi Anda yang mengalami gangguan buang air besar. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun digabungkan dengan roti, sesuai dengan selera masing-masing.

5. Buah-Buahan

Salah satu penyebab terhambatnya buang air besar adalah tubuh kekurangan serat. Oleh karenanya, Anda harus mencukupi kebutuhan serat yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan. Maka dari itu, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat, seperti semangka, melon, apel, dan masih banyak lagi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.