News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Indogrosir Pekerjakan Siswa PKL Sampai Malam, Rosmalia: Kewenangan Dinas Pendidikan Bukan Disnakertrans Karawang

Indogrosir Pekerjakan Siswa PKL Sampai Malam, Rosmalia: Kewenangan Dinas Pendidikan Bukan Disnakertrans Karawang

Dok: Foto etikanews

KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang Rosmalia Dewi S.H., M.H tanggapi pemanggilan Komisi IV DPRD Karawang, Asep Syarifudin biasa disapa Asep Ibe, terkait Indogrosir pekerjakan siswa sekolah Praktek Kerja Lapangan (PKL) sampai malam hari jam 20.00 WIB.

Kepala Disnakertrans Karawang Rosmalia Dewi saat diwawancara mengatakan, Disnakertrans Karawang tidak ada kewenangan terkait siswa PKL yang dipekerjakan oleh indogrosir, kenapa bukan pihak sekolah yang dipanggil.

"Kalau PKL itu dalam masa pendidikan, tidak ada aturan siswa sekokah yang PKL harus dilaporkan ke Disnakertrans Karawang," kata Kepala Disnakertrans Karawang, Rosmalia Dewi kepada media etikanews.com, Rabu (27/3/2024).

Tambahnya, jika dipanggil Disnakertrans Karawang akan koperatif datang. Sebenarnya Disnakertrans Karawang tidak ada kewenangan, yang punya kewenangan itu Dinas Pendidikan. Bagaimana MOU nya juga tidak hapal tentang PKL du sekolah, karena bukan ranah kerja. 

"Takut salah persepsi, sekali lagi itu kewenangan pihak sekolah coba tanya ke Dinas Pendidikan Karawang soal siswa yang PKL," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya di salahsatu media online, Dugaan pelanggaran UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang dilakukan Indogrosir Karawang dikarenakan pekerjakan siswa PKL hingga malam hari mendapat respon dari Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang yang di antara tupoksinya menangani persoalan ketenagakerjaan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Asep Syaripudin, dalam waktu dekat akan memanggil pihak Disnakertrans Kabupaten Karawang dan Indogrosir.

“Dengan kejadian tersebut, kami Komisi IV DPRD Karawang akan memanggil pihak manajemen Indogrosir dan UPTD Pengawasan serta pihak Disnakertrans Karawang,” ujar Ibe, sapaan akrabnya, Sabtu (23/3/2024

Diungkapkan Ibe, apabila dalam pertemuan nanti ditemukan pelanggaran, pihaknya berharap Pemerintah Daerah menindak tegas pihak Indogrosir.

“Apabila nanti terbukti pihak Indogrosir melakukan pelanggaran, harus ditindak sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Indogrosir Karawang kedapatan memperkerjakan siswa yang sedang lakukan praktek kerja lapangan (PKL) hingga pukul 20.00 WIB. Tak hanya itu, siswa tersebut diduga bekerja lebih dari tiga jam.

Berdasarkan ketentuan UU Ketenagakerjaan dalam Pasal 69 ayat 2 berbunyi, pengusaha yang memperkerjakan anak harus memenuhi persyaratan, diantaranya waktu kerja maksimum 3 jam, dilakukan pada siang hari dan tidak mengganggu waktu sekolah.


Editor: Aep Apriyatna

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.