News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMKN 1 Karawang Akui Adanya Pungutan Dana Perpisahan, Wiyono: Besarannya Kesepakatan Panitia

SMKN 1 Karawang Akui Adanya Pungutan Dana Perpisahan, Wiyono: Besarannya Kesepakatan Panitia

SMK Negeri 1 Karawang, Jawa Barat

KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Menjelang akhir tahun pelajaran sekolah, SMK Negeri 1 Karawang, Jawa Barat, menggalang dana sebesar Rp 950 ribu untuk biaya perpisahan para siswa didik kelas XII. Dengan jumlah nominal yang cukup pantastis sontak menjadi sorotan publik. Apalagi bagi para wali murid yang kurang mampu.

Saat ditemui Humas SMKN 1 Karawang Wiyono mengakui adanya biaya perpisahan kelas XII, dirinya menyampaikan ada sebelum melaksanakan uji kompetensi orangtua dikumpulkan sambil mengingatkan uang sumbangan kelas X(10). Untuk kegiatan akhir tahun terutama untuk uji kompetensi siswa. Ujian tersebut memerlukan dana, istilahnya untuk melengkapi sumbangan dimana sumbangan itu ada untuk kegiatan akhir tahun.

"Pada waktu orangtua dibutuhkan atau dikumpulkan wakil dari siswa kelas XII (12) ada hadir dalam rapat tersebut," kata humas SMKN 1 Karawang, Wiyono kepada media etikanews.com, Senin (13/5/2024).

Lanjutnya, sebelum acara rapat dimulai ada pembahasan di group. Dimana dia (siswa) meminta persetujuan dari orangtua untuk mengadakan yang namanya perpisahan, tetapi bukan pihak sekolah, yang berinisiatif dari anak anak atau siswa sekolah. Bahkan mereka yang sudah menyumbang maksimal tidak perlu lagi untuk menambah sumbangan tersebut.

"Atas persetujuan dari orangtua siswa tentang besarnya atas kesepakatan dari mereka (siswa) yang menjadi panitia, Sekolah itu tidak ikut ikutan. Sekolah hanya mengingatkan dana sumbangan yang pernah dijanjikan bersama orangtua waktu kelas X (10)," ujarnya.

Wiyono menambahkan, cuma ada miskomunikasi dari orangtua yang tidak ikut rapat, siswa jadi ngomongnya ke orangtuanya yang tidak ikut rapat, ada bayaran buat perpisahan. Ini ada buktinya surat dari panitia perpisahan. Bahkan uang itu tidak dikumpulkan di sekolah, yang disini (sekolah) kebetulan untuk akhir tahun ajaran baru.

"Memang ada di sini untuk pembayarannya di loket, tetapi akan diserahkan ke panitia. Biaya uang yang di pinta kalau tidak salah untuk sumbangan dan dana akhir tahun total sebesar Rp 950 ribu mulai dari kelas X (10)," pungkasnya.

Sementara salahsatu sumber dari orangtua siswa yang enggan menyebutkan namanya saat diwawancara media etikanews.com mengatakan, dirinya sudah membayar biaya buat perpisahan anak (siswa). 

"Untuk pembayarannya satu juta kurang atau Rp 950 ribu," ucap sumber kepada media etikanews.com.


Editor: Aep Apriyatna

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.