Advertesiment

Pj Bupati Batubara Berharap Istana Niat Lima Laras Menjadi Cagar Budaya dan Tercatat UNISCO

Redaksi
06 Juni 2024, Juni 06, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T03:14:07Z

Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M di Radio Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara (UMSU) 91.6 Fm

BATUBARA,ETIKANEWS.COM - Begitu Besarnya Perhatian serta kepedulian Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M, terhadap warisan bangunan sejarah cagar budaya Istana Niat Lima Laras di Kabupaten Batu Bara, menghantarkannya sebagai narasumber bincang kebudayaan di Radio Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara (UMSU) 91.6 Fm, Medan, Rabu (05/06/2024)  lalu.

Adapun tema bincang kebudayaan yakni “Cagar Budaya dan Warisan Budaya”, yang mana juga menghadirkan narasumber lain yaitu Rektor UMSU Prof. Dato’ Mahesa Mukti Dr. Agussani, MAP

Dalam dialognya, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul.SE.MM menjelaskan alasannya melestarikan Istana Niat Lima Laras adalah untuk memperkukuh jati diri daerah dan kesatuan bangsa. Karena Istana Niat Lima Laras merupakan simbol kebesaran masyarakat melayu pesisir pantai Kabupaten Batu Bara. Ia juga mengatakan pentingnya menjaga eksistensi warisan sejarah supaya generasi-generasi muda dapat menikmati peninggalan-peninggalan kebudayaan warisan melayu di Kabupaten Batu Bara.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya dukungan dan persetujuan dari ahli waris Zuriyat Lima Laras dan besarnya potensi ekonomi yang didapat oleh Pemkab maupun masyarakat jika Istana Niat Lima Laras menjadi cagar budaya dan menjadi destinasi wisata,” ungkap Pj. Bupati Nizhamul.SE.MM

Pj. Bupati Batubara Nizhamul.SE.MM mengungkap bahwa ada beberapa upaya strategis untuk mengembalikan kondisi Istana Niat Lima Laras yaitu dengan menetapkannya sebagai cagar budaya Kabupaten Batu Bara. Kemudian Menyusun program revitalisasi atau menyempurnakan kembali bangunan Istana Niat Lima Laras kembali seperti bentuk aslinya. Kami juga mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Kemendikbud untuk mendapatkan bantuan anggaran revitalisasi. Kemudian mengalokasikan anggaran berasal dari APBD 2024 serta membuka peluang pihak swasta untuk turut berpartisipasi,” ungkapnya. Ditegaskan oleh Pj Bupati Batubara Nizhamul.SE.MM bahwa Harapan ini kedepannya adalah bagaimana agar Istana Niat Lima Laras bisa menjadi warisan dunia dan tercatat oleh UNESCO.

Sementara itu Rektor UMSU Prof. Datok Mahesa Mukti Dr. Agussani, MAP menjelaskan bahwa warisan sejarah dan budaya memang harus lebih banyak diperhatikan. Hal tersebut bertujuan untuk mewariskan sejarah kepada generasi muda.

Apa yang telah dilakukan Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul SE.MM merupakan sejarah baru Kabupaten Batu Bara karena telah membuat Istana Niat Lima Laras menjadi cagar budaya,” ucap Agussani.


Editor: Aep Apriyatna

Komentar

Tampilkan

  • Pj Bupati Batubara Berharap Istana Niat Lima Laras Menjadi Cagar Budaya dan Tercatat UNISCO
  • 0

Berita Lainnya

Pemilu