News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Upil Bisa Sembuhkan Asam Urat, Benarkah?

Upil Bisa Sembuhkan Asam Urat, Benarkah?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

ngupil-doktersehat
Photo Source: Beritagar

DokterSehat.Com– Pernah ada kabar yang menyebutkan bahwa upil atau kotoran hidung bisa mengatasi masalah asam urat. Artis Mulan Jameela pada 2017 silam pernah secara terang-terangan  menyebutkan melalui media sosial pribadinya bahwa dengan menempatkan atau mengoleskan upil pada bagian tubuh yang terasa nyeri, maka masalah asam urat bisa diatasi. Sebenarnya, apakah upil bisa sembuhkan asam urat?

Sebagai informasi, asam urat atau gout terjadi karena tubuh memiliki kadar asam urat dengan berlebihan dan tak mampu membuangnya. Kristal asam urat yang berbentuk runcing ini kemudian menumpuk di berbagai jaringan, khususnya pada persendian sehingga memicu peradangan, pembengkakan dan rasa nyeri.

Menurut pakar kesehatan, hingga saat ini belum ada penelitian yang menghasilkan fakta bahwa kotoran hidung atau upil bisa menyembuhkan masalah asam urat. Hal ini berarti, penggunaan upil ini murni hanya karena faktor sugesti saja dan tidak bisa dijamin mampu menyembuhkan gejala dari asam urat.

Alih-alih menggunakan upil, pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk rajin minum obat yang diberikan oleh dokter dan mengubah gaya hidupnya demi membantu proses pengeluaran asam urat berlebih di dalam tubuh.

Sebagai contoh, penderita asam urat lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya karbohidrat kompleks seperti singkong dan ubi dan menurunkan asupan lemak dan protein.

Hal ini akan membantu proses pengeluaran kadar asam urat dengan lebih baik melalui urine. Selain itu, penderita asam urat juga sangat disarankan memperbanyak minum air putih demi mencegah pengendapan asam urat.

Satu hal yang pasti adalah penderita asam urat tak boleh lagi mengonsumsi alkohol karena minuman ini bisa menghambat proses pengeluaran asam urat di dalam tubuh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.