News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Candi Jiwa Batujaya Tempat Favorit Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Lebaran

Candi Jiwa Batujaya Tempat Favorit Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Lebaran

Candi Jiwa, Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang

KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Para wisatawan lokal maupun domestik terlihat masih sepi mengunjungi peninggalan sejarah Candi Jiwa di hari kedua lebaran Idul Fitri tahun ini, Kamis (11/04/2024) kemarin.

Salah satu peninggalan sejarah terfavorit di Kabupaten Karawang tujuan Wisata Budaya untuk mengenal peninggalan sejarah yang terpendam khususnya bagi masyarakat Karawang dan Umumnya luar Karawang.

Tentang lokasi Candi Jiwa yang merupakan peninggalan jaman Hindu Budha pada abad ke-5, berlokasi di Desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Tak jauh dari lokasi titik situs Candi Jiwa juga terdapat beberapa situs lainnya dan yang telah dipugar dan lebih dikenal adalah Candi Blandongan.

Saat ini, lokasi Wisata Budaya Candi Jiwa telah dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Karawang.

Maka dari itu, untuk akomodasi yang dikeluarkan oleh para pengunjung masuk ke lokasi wisata budaya Candi Jiwa dan Candi Blandongan saat ini hanya cukup mengeluarkan biaya seikhlasnya tanpa ada bayar tiket masuk.

Hanya saja pengelola di area masuk ke lokasi mengharuskan para pengunjung mengisi data yang telah disediakan sekedar untuk mendata berapa banyak pengunjung setiap harinya yang datang ke lokasi.

Ahmad Husaini merupakan BPD setempat juga selaku petugas yang berada di loket pendataan masuknya pengunjung mengungkapkan, "Untuk masuk ke Lokasi wisata Candi Jiwa nantinya para pengunjung hanya cukup mengisi data saja tanpa dipungut biaya, tapi jika ingin memberi uang kasih aja seikhlasnya kepada penerima data," jelas Ahmad.

Nantinya para pengunjung yang menggunakan sepeda motor roda dua telah disediakan lahan parkir oleh warga, dan juga untuk parkir roda 4 bisa parkir di area pemukiman warga setempat dan biaya parkir juga masih dibilang cukup wajar di tempat wisata seperti ini.

"Saat ini Candi Jiwa sudah masuk ke dalam Cagar Budaya Nasional yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, jadi untuk sekarang kami warga sekitar Candi hanya mengelola Kebersihan dan menyediakan lahan parkir untuk para pengunjung", Ungkap Ahmad.

Terpantau, hingga siang hari makin terlihat para pengunjung yang berdatangan ke lokasi Candi, sampai hingga sore hari dapat dikatakan cukup ramai para pengunjung yang berdatangan ke lokasi.

Mudahnya menuju lokasi wisata ini karena tidak jauh dari Karawang Kota melalui jalan Kecamatan Rengasdengklok pengunjung akan diarahkan hanya melalui satu jalan untuk sampai ke lokasi wisata Candi Jiwa menjadikan tujuan wisata cukup terjangkau sekalian mengenal tentang sejarah nasional kepada kita dan keluarga.

"Banyak pengunjung yang datang ke lokasi Candi Jiwa sebenarnya karena terpisah satu arah dengan tujuan wisata ke pantai Pakis dan Pantai Pulau Putri, untuk hari libur seperti ini mereka hanya mampir karena satu arah menuju pulang, dan jika bukan hari libur nasional para pengunjung biasanya ramai berdatangan di hari Sabtu dan Minggu," tutup Ahmad.


Editor: Aep Apriyatna

Reporter: Cipto

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.