News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Warga Karawang Tumpah Ruah Menyaksikan Perayaan Cap Gomeh

Ribuan Warga Karawang Tumpah Ruah Menyaksikan Perayaan Cap Gomeh

 

Perayaan Cap Gomeh dan Kirab Budaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat

KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Karawang, Jawa Barat berlangsung meriah. Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Tuparev, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (25/2/2024).

Pantauan etikanews.com, terlihat beberapa penampilan khas seperti brongsai, iiong (naga) hingga cosplay yang menggambarkan para Dewa turut meramaikan barisan karnaval. Mereka tampil maksimal untuk menghibur masyarakat yang hadir.

Meski acaranya berlangsung pada pukul 13.00 WIB, warga sudah memadati sejak pukul 10.00 WIB. Mereka antusias menyaksikan iring-iringan kesenian dan budaya khas Tionghoa. Selain itu, perayaan Cap Go Meh di Karawang juga diadakan acara ruwat bumi dan kirab budaya. 

Salah satu warga, Lilis (35) mengaku senang dapat menyaksikan perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan satu kali dalam setahun di sepanjang jalan tuvarep.

"Sengaja membawa anak serta keluarga untuk mengenalkan keberagaman budaya di Indonesia, yang pasti senang dan menghibur," katanya.

Warga lainnya Nur (38) asal Cikampek mengatakan, dirinya setiap tahun kalau ada perayaan Cap Gomeh selalu datang sama keluarga dan tetangganya.

"Kami sekeluarga kalau ada perayaan Cap Gomeh selalu datang untuk melihat barongsai dan arak arakan lainnya," ucapnya.

Nur dan ke dua anaknya yang masih balita sekitar umur 7 dan 4 tahun sangat senang melihat pesta perayaan Cap Gomeh. Dirinya bersama tetangganya sengaja naik angkutan umum untuk melihat perayaan Cap Gomeh.

"Kami barengan sama tetangga naik angkutan umum berangkat dari jam 10 cuma untuk melihat arak arakan barongsai naga," pungkasnya.

Dalam kegiatan pawai Cap Go Meh ini juga akan mengundang 50 bio atau kelenteng, baik yang ada di Karawang maupun di sekitar Karawang. Pada kegiatan ini juga dilakukan ruwat bumi dan kirab budaya.

Sementara jalur pawai itu dimulai dari Kelenteng Bio Kwan Tee Koen Jalan H Juanda, menuju Jalan Tuparev- Jalan Kertabumi- Jalan Arif Rahman Hakim atau Jalan Niaga kembali lagi ke Jalan Tuparev dan berakhir lagi di Kelenteng Bio Kwan Tee Koen.


Sumber: etikanews.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.