News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pasca Libur Lebaran, Disdukcapil Karawang Siapkan Stok Blanko E-KTP Sekitar Enam Ribuan

Pasca Libur Lebaran, Disdukcapil Karawang Siapkan Stok Blanko E-KTP Sekitar Enam Ribuan

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang
KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang, Jawa Barat melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karawang Elvan Yanuarsidik menyampaikan stock blanko E-KTP mencapai sekitar enam ribuan pasca hari libur lebaran atau hari raya idul Fitri 1445 Hijriah 2024.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karawang Elvan Yanuarsidik mengatakan, pembuatan dokumen kependudukan di Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Kecamatan seperti yang lain pada libur. Walaupun hari libur kemarin saat hari raya Idul Fitri Disdukcapil Karawang tetap ada yang piket atau jaga untuk melayani masyarakat yang mau membuat dokumen kependudukan di setiap kecamatan. 

"Maksudnya di hari libur lebaran atau hari raya idul fitri bukan pelayanan leguler. Tetapi yang bersipatnya urgent saja untuk pelayanannya. Seperti ada yang kecelakaan, perawatan di rumah sakit yang butuh dokumen," kata Elvan kepada media etikanews.com, Rabu (17/4/2024).

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Karawang, Elvan Yanuarsidik
Lanjut Elvan mengatakan, kalau ada yang darurat kami Disdukcapil Karawang sudah ada yang melayani untuk pembuatan dokumen kependudukan. Seperti kemarin ada yang kecelakaan di Tol Jakarta - Cikampek (Japek) pada malam harinya kita stanby di RSUD Karawang. Siapa tahu Disdukcapil Karawang dibutuhkan untuk identifikasi.

"Karena sudah diambil alih oleh Mabes Polri  dan korbannya juga sudah sembilan puluh persen terbakar, kita sipatnya mengidentifikasi dari sidikjari dan mata. Tapi kita tetap stanby siapa tahu dibutuhkan," jelasnya.

Selain itu, Elvan menambahkan, total pembuatan Kartu Tanda Penduduk ( KTP) 944 seluruh Kabupaten Karawang. Perekaman KTP untuk pemula ada 250 orang, Kartu Identitas Anak (KIA) 231, Akta Kelahiran 124  dan Identitas Kependudukan Digital (IKD) 262. Untuk sisa stok blanko E- KTP juga ada sekitar enam ribuan. 

"Berharap kepada masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan diurus sendiri dan juga tidak ada biaya atau gratis, persyaratannya lengkap sehari juga selesai," pungkasnya.


Editor: Aep Apriyatna

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.