News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Karawang dan Mantan Bupati Banyumas Tinjau TPA Sampah Jalupang dan TPST Jayakerta

Bupati Karawang dan Mantan Bupati Banyumas Tinjau TPA Sampah Jalupang dan TPST Jayakerta

Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Jalupang, Cikampek

KARAWANG,ETIKANEWS.COM -  Bupati Karawang, Jawa Barat, H. Aep Syaepulloh SE  bersama mantan Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Achmad Husein meninjau dua lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Jalupang, Cikampek dan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jayakerta.

Bupati Karawang Aep Syaepulloh mengatakan, Alhamdulillah Siang tadi, kami mengundang mantan Bupati Banyumas Bapak Achmad Husien untuk mengelola sampah menjadi lenih ekonomis. Kabupaten Banyumas sendiri merupakan salah satu Kabupaten dengan pengelolaan sampah terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

" Oleh karena itu, kehadiran beliau ini untuk berbagi pengalaman dalam memilah sampah dengan menggunakan tekhnologi mesin sehingga bisa kembali diolah menghasil paving blok, atap, bata, biki plastik yang memilki nilai ekonomis juga pupuk pembuatan pupuk kompos," kata Bupati Karawang, Aep Syaepulloh, Jumat (15/3/2024).

Lanjut Bupati Karawang mengatakan, kami mengajak mantan Bupati Banyumas untuk melihat langsung kondisi TPAS di Jalupang dan lokasi untuk KSM di Tirtajaya. Hadir juga aliansi Warga Desa Wancimekar beserta Camat juga Kepala Desa untuk diberikan pemahaman kembali terkait pengelolaan sampah ini agar menjadi nilai investasi yang harus disiapkan untuk memuluskan program pengelolaan sampah di Karawang.

"Banyumas sendiri penyediaan hanggar atau Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse and Recycle (TPS3R) akan menjadi salah sayu langkah pengelolaan sampah yang sukses di lakukan," jelas Bupati Karawang.


Bupati menambahkan, dalam setiap hanggar akan disediakan hanggar mesin pemilah sampah manual (Bag Conveyor) dan mesin pencuco sampah plastik (Gibrik). Melalui alat ini, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mengelola sampah aman mendapagkan penghasilan untuk masyarakat.

"Sumber penghasilan KSM inilah yang nantinya berasal dari penjualan sampah high value, seperti plastik, kresek kemasan, botol plastik," pungkasnya.


Editor: Aep Apriyatna

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.