News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disparbud Karawang Bersama Pepadi Gelar Lomba Kesenian Wayang Golek

Disparbud Karawang Bersama Pepadi Gelar Lomba Kesenian Wayang Golek


KARAWANG,ETIKANEWS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Koperasi UMKM, Diskominfo Karawang yang bekerjasama dengan PEPADI menggelar lomba kesenian tradisional seni Wayang Golek Binojakrama Tingkat Kabupaten Karawang, Rabu (15/5/2024).

Pantauan media etikanews.com Acara berlangsung meriah dan menarik perhatian masyarakat serta pecinta seni tradisional dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Karawang. Acara yang digelar di Lapangan Karang Pawitan tersebut akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 15-16 Mei 2024 dengan menghadirkan berbagai pertunjukan wayang golek yang memukau penonton dengan keunikan dan kekhasannya.

 Pentas seni wayang golek Binojakrama tersebut merupakan ajang perlombaan kesenian tradisional wayang golek Binojakrama tersebut dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang yang bersinergi dengan PEPADI Kabupaten Karawang, Diskominfo dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karawang. 

Perlombaan seni wayang golek tersebut di ikuti oleh 11 peserta dalang bersama kelompok wayang golek dari berbagai Kecamatan di Karawang. Setiap kelompok menampilkan lakon-lakon klasik yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan moral, diiringi dengan gamelan yang dimainkan secara live.

 PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, Bapak H. Jaeni, S.Pd, M.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, mengapresiasi semangat dan dedikasi para seniman wayang golek yang terus melestarikan budaya tradisional ini. 

“Pagelaran ini bukan hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebagai upaya melestarikan warisan budaya leluhur di era digitalisasi ditengah manusia Gen Z yang harus ikut menjaga dan melestarikan. Kami bangga bisa menyelenggarakan acara ini dan melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi," kata Plt Kepala Dinas Disparbud Karawang, H. Jaeni, S.Pd, M.M.Pd,Rabu (15/5/2024).

 Selain itu, lanjutnya mengatakan,  pertunjukan wayang golek, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung seperti pameran kerajinan tangan khas Karawang, bazar kuliner tradisional, dan lokakarya tentang pembuatan wayang golek. 

"Para pengunjung juga diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para dalang dan pemain gamelan, sehingga dapat lebih mengenal dan menghargai seni tradisional ini," Pungkasnya.

 Sementara itu Ki Dalang Suryana salah satu dalang yang ikut tampil dalam acara itu menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya karena dapat tampil dalam acara lomba pagelaran seni wayang golek tersebut. 

“Kami ucapkan banyak berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Karawang yang telah memberikan kami kesempatan untuk menunjukkan karya kami. Semoga wayang golek tetap eksis dan diminati oleh generasi muda, ucapnya.

 Lanjutnya, pagelaran yang berlangsung 2 (dua) hari ini diharapkan dapat terus menjadi agenda tahunan yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak seniman wayang golek, serta menarik lebih banyak pengunjung dari luar daerah.

 "Dengan pagelaran ini, diharapkan seni wayang golek bisa terus berkembang dan mendapatkan tempat di hati masyarakat, khususnya generasi muda yang diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan warisan budaya ini di masa depan," pungkasnya.


Editor: Aep Apriyatna

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.